Niat Mandi Wajib dan Penyebab Mandi Besar (Junub)

Daftar Isi
Niat Mandi Wajib atau Penyebab Mandi Besar (Junub) - Orang yang beragama Islam harus tau apa itu mandi wajib, mengerti penyebab mandi wajib, niat mandi wajib dan melakukan gerakan mandi wajib.

Orang Islam selalu memperhatikan kebersihaan seperti kebersihan diri sendiri atau lingkungan sekitar. Misal saja ketika kita mau sholat di wajibkan harus bersuci agar pada waktu menjalankan ibdah sholat dapat khusyuk dan sayah di hadapan sang pencipta Allah S.W.T. Kalau kita tidak dalam keadaan suci maka sholat kita tidak sah. Sebelum sholat lingkungan yang akan digunakan juga harus dalam keadaan bersih agar sholat berjalan lancar dan khusyuk, karena Allah suka dengan kebersihan dan tempat suci.

Bersuci dalam diri sendiri ada dua kategori yaitu yang pertama adalah bersuci dari hadas besar, dan bersuci dari hadas kecil. Di artikel ini anangzd lebih jelasnya akan membahas tentang " Pengertian Mandi Wajib, Penyebab Mandi Wajib dan Niat Mandi Wajib".

Pengertian Mandi Wajib

Mandi wajib adalah kewajiban bagi setiap muslim yang berhadas besar agar kembali bersih dan suci untuk dapat kembali beribadah seperti sholat hingga membaca Al Quran. dikutib dari (cnnindonesia)

Bagimana cara membersihkan diri dari hadas besar? yaitu dengan mandi Junub. Mandi wajib atau mandi besar atau mandi junub merupakan memiliki arti yang sama, hanya berbeda pemangilanya. Istilah mandi besar adalah "istijah" itu dalah penyebutan di Indonesia. Itu adalah orang yang sedang menyandang hads besar (junub).

Mandi junub wajib harus dilakukan oleh orang-orang yang sedang menyandang hadas besar karena hadas besar tidak bisa di dilangkan dengan cara berwudu saja. Bila orang yang terkena hadas besar tidak mandi pada waktu sholat di anggap tidak sah di hadapan Allah. Berikut sebab-sebab yang diharuskan mandi wajib.

Penyebab Mandi Wajib (Junub)

  1. Keluarnya Mani
    Walapun tidak sedang jima (hubungan seksual) mengeluarkan mani harus mandi melakukan mandi wajib. Baik air mani kelaur pada saat tidaur, malamun dan sebaginya.

    NB. Dalam berhubungan pria dan wanita ketika belum atau sudah dimasuka ke faraj keluar mani di haruskan keduanya melakukan mandi wajb agar terhindar dari hadas besar.

  2. Orang Mati
    Mati syahid tidak melakukan mandi wajib karena ia perang di Jalan Allah. Mayat tidak dimandikan agar darah menjadi bukti bahwa ia syahid di jalan Allah. Berbeda kalau mati tidak dalam keadaan perang posisi mayat terdapat sisa-sia kotoran pada tubuh atau bau yang tidak enak pada tubuh mayat.

  3. Kelaur Haid bagi Perempuan
    Sebagimana dialam hadis Rasulullah : "Jika datang haid, maka tinggalkan salat. Dan jika telah lewat, maka mandi dan salatlah" (HR. Al Bukhari). 

  4. Keluar Nifas
    Nifas adalah darah yang keluar pada waktu mengiringi bayi ketika perempuan bersalain.

  5. Wiladah (Melahirkan Anak)
    Ketika peremuan selesai melahirkan harus mandi wajib untuk membersihkan sisa-sisa dari dari melahirkan anak. Mandi tidak harus secara langsung bisa dilakukan kalau sudah bisa mandi dengan air.

  6. Masuk Islam
    Bagi orang yang baru masuk Islam masih dalam keadaan kafir. Dari Qais bin Ashim, ia menceritakan bahwa ketika ia masuk Islam, Nabi Muhammad SAW menyuruhnya mandi dengan air dan bidara (daun bidara) (HR. At Tirmidzi dan Abu Dawud.
Itulah penyebab mandi wajib yang sering kita temui di sekitar kita. Bial Anda terkena dari beberapa poin di atas segeralah melakukan mandi wajib agar tetepa dalam keadaan suci. Sebelum melaukan mandi wajib Anda harus hafal lafal niat mandi wajib atau junub agar dalam pelaksanaan mandi berjalan dengan lancar. Berikut niat mandi wajib yang benar.

Niat Mandi Wajib (Junub)

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitul-ghusla lirafil ḫadatsil-akbari minal-jinâbati fardlan lillâhi ta‘ala

Artinya: "Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari janabah, fardhu karena Allah ta'ala."

Dikutip dari "Dalam madzhab Syafi'i, niat harus dilakukan bersamaan dengan saat air pertama kali disiramkan ke tubuh."

Sekarang Anda sudah tau penyebab mandi wajib atau mandi besar, atau mandi junub dan anangzd menyedikan niat mandi wajib di lengkai dengan bahasa arab, terjemahan latin dan arti niat wajib dalam bahasa Indoensia.
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Posting Komentar