6 Agama Sah di Indonesia dan Nama Hari Perayaan Agama Wajib Tau

Daftar Isi
Hari Agama Indonesia

6 Hari Keagamaan Nasional Indonesia Wajib Tau - Kalau Anda orang Indonesia harus mengetahui dan mampu menjelasakan hari besar agama yang berada di Indonesia. Hari Raya Keagamaan adalah hari penting umat beragama untuk merayakan kesempurnaan dan kebesaranya agama dengan berbagai acara dan ritual.

Bila ada perayaan hari keagamaan nasional maka semua aktivitas pendidikan dan pekerjaan sesuai dengan peraturan pemerintah biasanya dijadikan hari libur nasional keagamaan di Indonesia. Setiap golongan agama wajib melaksanakan kegiatan agama sesuai yang dianjurkan dari kitabnya.

Daftar 6 nama agama dan aliran kepercayaan yang sudah diakui oleh udang-undang negara Indonesia. Berikur keenam agama tesebut beserta nama tempat ibadahanya.
Nama Agama Tempat Ibadah
Islam Masjid
Kristen Protestan Greja
Kristen Katolik Greja
Hindu Pura
Budha Vihara
Konghucu Klenteng
Agama di Indonesia yang sah sesuai dengan undang-undang ada lima yang diakui oleh negara kita yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu, dan aliran kepercayaan. Dari 6 agama yang berada di Indonesia memiliki hari besar yang harus Anda diketahui, sebagai berikut.
  1. Agama Islam
    Nama Hari Besar Agama Islam seperti : Idul Fitri, Idul Adha, Isra'Mi'Raj, Tahun Baru Hijriah, berikut penjelasanya.

    Hari Raya Idul Fiti
    Hari Raya Idul Fiti adalah hari raya umat muslim yang perayaan setiap tanggal 1 Syawal (kalender Hijriah) setelah menunaikan ibdaha puasa wajib selama satu bulam penuh di bulam Ramadan (bulan sebelum syawal). Hari Raya Idul Fitri juga dikenal sebagai hari kemenangan Agama Islam. 

    Hari Raya Idul Adha
    Hari Raya Idul Adha dikenal juga hari idul Qurban adalah hari raya kedua bagi umat muslim di seluruh dunia. Pelaksanaan ibdah Haji (berkujung ke tanah suci mekah dengan kegiatan ibadah). Orang muslim yang sedang berhaji, mereka merayakan Idul Adha di tanah suci Mekah dengan seksama. Sedangkan bagi yang tidak umat bermuslim ia merayakan di tempat tinggal masing-masing dengan menyembelih hewan Qurban dan membagi-baikan kepada warga masyarakat sekitar.

  2. Agama Kristen
    Nama hari besar Agama Krisetn seperti : Natal Paskah Pantekosta, berikut penjelasanya.

    Hari Raya Nata
    Hari Raya Natal adalah hari raya umat Krisetn yang diperingati setiap tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus Natal dirayakan dalam kebangkitan malam pada setiap tanggal 24 Desember dan kebangkitan tepatnya pada tanggal 25 Desember.

    Hari Paska
    Hari Paska adalah puncak perayaan keagamaan umat Kristen memperingati pristiwa kebangkitan Yesus Kristus setelah tiga hari disalibkan.

  3. Agama Kristen Protestan
    Nama hari besar Agama Kristen Protestan seperti : Natal Paskha Pantekosta Jumat Agung Kenaikan Isa Al Masih, berikut penjelasanya.

    Hari Raya Natal
    Hari Raya Natal adalah hari raya umat Krisetn yang diperingati setiap tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus Natal dirayakan dalam kebangkitan malam pada setiap tanggal 24 Desember dan kebangkitan tepatnya pada tanggal 25 Desember.

    Hari Paska
    Hari Paska adalah puncak perayaan keagamaan umat Kristen memperingati pristiwa kebangkitan Yesus Kristus setelah tiga hari disalibkan.

  4. Agama Hindu
    Nama hari besar Agama Hindu seperti : Nyepi Saraswati Galungan Kuningan Pagerwesi Saraswati, berikut penjelasanya.

    Hari Raya Nyepi
    Hari Raya Nyepi adalah hari raya yang dirayakan setiap tahun baru saka yang merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudara yang membawa Intisari Amerta Air Hidup.

    Saraswati
    Saraswati adalah hari raya untuk memperingati turunya ilmu pengetahuan, dirayakan pada setiap 210 hari sekali dengan menggunkaan perhitungan kalender Bali

  5. Agama Budha
    Nama hari besar Agama Budha seperi : Waisak Asadha Kathin Magha Puja Ulambana, berikut penjelasanya.

    Hari Raya Waisak
    Hari Raya Waisak adalah hari peringatan kelahiran pencerahaan dan kematian sang budha Gautama, dilakukan dengan kebaikan seperti berbagi makana dan lain sebagainya.

    Asadha adalah peringatan umat buddha untuk memepringati tiga peristiwa penting yaitu khotbah pertama sang budha, terbentuknya sangha bhaikku pertama, dan lengkapnya Tiratana.

  6. Agama Konghucu
    Nama hari besar Agama Konghucu seperti : Tahun Baru Imlek Cap go meh Cheng Ben Peh Cun, berikut penjelasanya.

    Hari Raya Imlek
    Hari Raya Imlak adalah hari perayaan umat Konghucu sebagai wujud hormat kepada Tuhan dan Leluhur.

    Cap Go meh adalah hari penutup perayaan tahun baru Imlek.
Itulah hari besar agama yang setiap tahun dirakan di Indonesia. Semoga setelah Anda membaca artikel hari agama nasional ini ilmu pengetahuan keagaam menambah. Terima kasih sudah berkujung di situs kami. Bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Posting Komentar