Melakukan Sholat Subuh; Niat, Bacaan, Gerakan

Daftar Isi

Apa itu Sholat Subuh ?

Sholat subuh adalah salah satu kewajiban orang muslim melaksanakan sholat. Orang yang memeluk agama Islam tidak menjalankan ibadah sholat wajib lima (5) waktu akan medapatkan dosa. Wajib yang artinya harus dilakukan jika di tinggalkan akan mendapatkan dosa, bila melaksankan akan mendapatkan pahala.

Pada tulisan ini onesiswa.com akan memberi pengetahuan untuk Anda tentang Niat Sholat, Bacaan Sholat dan Panduan menjalankan Sholat Subuh yang benar menurut syariat islam. Untuk langkah melaksankan silahkan baca dan ikuti tahapan dibawah ini.
panduan sholat subuh lengkap gerakan bacaan surat dan arti terjemah surat bahasa Indonesia

Panduan Sholat Subuh Yang Sah

Badan Terhindar dari Hadas

Sebelum melaksanakan sholat, tubuh harus dalam keadaan bersih harus terhindar dari hadas kecil dan hadas besar. Memakai pakian yang bersih yang artinya tidak kotor mengandung kedua hadas tersebut.

Panduan Wudu

Sebelum melaksanakan sholat diwajibkan wudhu, agar kotoran hadas kecil atau debu yang menempel pada bagian aurat yang terbuka bersih setelah dibasuh air dengan kedua telapak tangan. Lalu bagimana cara wudhu yang benar menurut Islam. Silahkan baca panduan dibawha ini.
  1. Cuci kedua tangan pada sela-sela jari tiga kali dengan membaca Bismillah; "Bismillaahirrahmaanirrahiim" memiki artinya Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
  2. Berkumur pada Mulut tiga kali; membersihkan sisa makan yang masih berada pada mulut atau dibagian gigi yang menempel.
  3. Membersihkan Lubang Hidung tiga kali dengan jari tangan; membersihkan kotoran debu yang disaring oleh rambut hidung dan upil hidung.
  4. Membasuh Muka tiga kali; menyegarkan muka, saat muka banyak debu atau kotoran, muba berminyak dan muka yang kusut menjadi segar. Hal ini sama seperti tumbuhan bila kekringan di siram air maka akan tumbuh segar lagi atau bila ada kotoran pada tumbuhan menjadi bersih maka akan tumbuh dengan baik. Sama dengan muka yang bersih bila dilihat akan terlihat indah.
  5. Membasuh Rambut tiga kali; agar kotoran pada rambut hilang dan rambut mudah di tata dengan rapi.
  6. Membasuh kedua Telinga tiga kali; membersihkan debu dan kotoran yang keluar dari telinga.
  7. Membasuh kedua Kaki tiga kali; agar kaki dalam keadaan bersih dari kotoran, ketika masuk ke rumah ibahdah Allah terasa tenag nyaman.

Kesimpulan Wudu

Dengan melakukan wudu artinya mensucikan anggota badan tertentu dengan air untuk menghilangkan hadas kecil. Contoh Hadas kecil seperti buang angin, buang air kecil, buang air besar, dan hilang akal. Ini adalah alasan sebelum mengerjakan salat wajib Berwudu agar diri kita dalam keadaan bersih dan suci di hadapan Sang Pencipta.

Sholat Subuh

Sholat subuh berjumalah dua rakaat paling sedikit dari sholat wajib lainya. Alasan karena di waktu itu umumnya orang masih malas dan letih, sebab baru bangun tidur. Lalu bagimana gerakan sholat subuh yang benar. Sihakan baca panduan dibawah ini.
  1. Membaca niat shoat subuh "Usholli fardhosh-shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala". Yang memiliki arti: Aku niat melakukan sholat fardhu Subuh dua rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.
  2. Mengucap takbir disertai dengan mengakangkat kedua tangan pada posisi sebelah kanan dan kiri dekat telingan bertujuan agar saat melakukan tabir fikiran kita mulau fokus mengerjakan shalat. Selanjutnya posisi kedua tangan seperti memeluk pada bagian perut.
  3. Membaca Al Fatihah dan satu surat ayat Al-Quraan.
  4. Melakukan Rukuk; posisi kedua tangan berada di lutut dengan membaca bacaan rukuk "Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih (sebanyak 3 kali.)" Yang memiliki arti: Maha suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya. Selanjutnya membaca Rabbana lakal-hamdu mil'us-samaawaati wa mil-ul-ardhi wa mil'u maa syi'ta min sya'in ba'du. Yang memiki arti: Ya Allah Tuhan kami Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh barang yang Engkau kehendaki sesudah itu. Boleh hanya membaca "Rabbana lakal hamdu artinya Ya Allah Tuhan kami".
  5. Melakukan Sujud; posisi kening sujud menempel lantai atau sajadah dan kedua tangan menempel pada lantai atau sajadah dengan posisi tangan sejajar dengan telinga.
  6. Melakukan Sujud antara dua sujud; kedua kaki bawah lutuk ditekuk posisi dibawah paha kaki dengan membaca bacaan sujud antar adua sujud "Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii". Yang memiliki arti: Tuhanku Ampunilah saya, Tuhanku Ampunilah Saya.
  7. Melakukan Sujud lagi dengan bacaan yang sama pada nomer 5.
  8. Berdiri dengan membaca Al Fatihah dan satu surat ayat Al-Quraan lainya. Untuk suratnya harus perbeda dengan bacaan rakaat pertama.
  9. Melakukan Rukuk lagi dengan bacaan yang sama dengan nomer 4.
  10. Melakukan Sujud untuk bacaan seperi nomer 5.
  11. Melakukan Duduk antar dua sujud, dengan bacaan seperti nomer 6.
  12. Melakukan Tahiyat Akhir; posisi kedua kaki seperti nomer 6. Lalu bacaanyya ada dua tahiyat boleh memilih salah satu.

Bacaan Tahiyat Akhir pada Sholat

Bacaan Tahiyat Akhir Versi Pertama

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. as salaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah.

Artinya: Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.

Bacaan Tahiyat Akhir Versi Kedua

As salaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammad rasuulullaah. Aallaahumma shalli'alaa muhammad, wa'alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim.

Artinya: Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.

Bacaan Al Fatihah

Bismillahirraḥmanirraḥim
lḥamdu lillahi rabbil'alamin
Ar rahmanir raḥim
Maliki yaumid din
Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in
Ihdinas-siratal-mustaqīm
Siratallazina an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa lad dallin

Arti Surat Al Fatihah
Ayat 1: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Ayat 2: Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
Ayat 3: Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Ayat 4: Pemilik hari pembalasan
Ayat 5: Hanya pada Engkaulah kami menyembah dan hanya pada Engkaulah kami mohon pertolongan
Ayat 6: Tunjukilah kami jalan yang lurus
Ayat 7: (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat padanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat

Contoh Surat Pendek di Baca Saat Sholat

Surat An-Nas

Qul a'uzu birabbin-nas
Malikin-nas
Ilahin-nas
Min syarril-waswasil-khannas
Allazi yuwaswisu fi sudurin-nas
Minal-jinnati wan-nas

Arti Surat An-Nas
Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,
Raja manusia,
sembahan manusia,
dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,
yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
dari (golongan) jin dan manusia

Surat Al Ikhlas

Qul huwallahu aḥad
Allahus-samad
Lam yalid wa lam yụlad
Wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Arti Surat Al Ikhlas
Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa
Allah tempat meminta segala sesuatu
(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan
Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia

Penutup

Lakukan sholat dengan hati nurani, dari diri Anda sendiri bukan karena orang lain. Ketika kita melakukan sholat karena Allah dan iklhlas maka engkau akan selalu di bukan jalan di dunia dan akhirat sang maha kuasa. Dengan adanya artikel yang membahas panduan langkah-langkah menunaikan Sholat Subuh; Niat, Bacaan bermanfaat untuk Anda.
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Posting Komentar