Sistem Informasi Berorientasi Objek

Daftar Isi
Komponen Sistem Informasi

Apa itu Sistem Informasi Berorientasi Objek ?

Sistem Informasi Berorientasi Objek (Object Oriented Information System) atau sering disingkat dengan OOS atau OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada penggunaan objek sebagai unit dasar dari desain, implementasi, dan pengorganisasian kode program.

Dalam OOP, sebuah program dibangun dengan cara menggabungkan objek-objek yang terdiri dari data dan fungsi-fungsi yang terkait. Data dalam sebuah objek disebut sebagai atribut, sedangkan fungsi-fungsi yang terkait disebut sebagai metode.

Keuntungan utama dari OOP adalah kemampuannya untuk menyederhanakan kompleksitas program dengan memisahkan kode ke dalam objek-objek yang mandiri dan terisolasi satu sama lain. Hal ini membuat program lebih mudah dimengerti, dipelihara, dan dikembangkan kembali di masa depan.

Beberapa prinsip dasar dari OOP antara lain:
  • Enkapsulasi, yaitu kemampuan untuk menyembunyikan detail implementasi objek dan hanya menampilkan informasi yang diperlukan oleh pengguna.
  • Pewarisan, yaitu kemampuan untuk membuat objek baru yang mewarisi sifat-sifat dan metode-metode dari objek yang sudah ada.
  • Polimorfisme, yaitu kemampuan untuk menggunakan nama yang sama untuk operasi yang berbeda pada objek yang berbeda.
Ada juga yang menggunakan kata SIBO dalam pembelajaran Sistem Informasi Berorientasi Objek.

Sistem Informasi Berorientasi Objek (SIBO atau dalam bahasa Inggris disebut Object-Oriented Information System) adalah sistem informasi yang didasarkan pada paradigma pemrograman berorientasi objek.

Dalam SIBO, data dan operasi yang berkaitan dikelompokkan menjadi objek yang saling terkait. Objek-objek ini memiliki atribut atau properti yang menjelaskan karakteristik atau informasi tentang objek tersebut, dan juga memiliki metode atau fungsi yang dapat dipanggil untuk melakukan operasi atau manipulasi pada objek.

Pendekatan berorientasi objek memungkinkan pengembangan sistem informasi yang lebih modular, fleksibel, dan mudah dipelihara. Objek-objek yang telah dibuat dapat digunakan kembali dalam berbagai bagian dari sistem, sehingga dapat mengurangi redundansi kode dan mempercepat pengembangan sistem.

Contoh SIBO adalah sistem manajemen perpustakaan, di mana buku, anggota, dan peminjaman dapat dimodelkan sebagai objek dengan atribut dan metode masing-masing.

Pengertian Sistem
Sekumpulan komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan terttentu. Sistem juga terbagi menjadi dua kategori seperti, berikut :
  1. Sistem tidak terkomputerisasi adalah yang di selesikan oleh manusia, komuter tidak ikut serta dalam penyelesian tersebut.
  2. Sistem terkomputerisasi adalah sistem yang di selesikan oleh manusia dan komputer untuk mencapi tujuan.
Pengertian Sistem Informasi
Sekumpulan komponen yang saling berhubungan, yang dapat mengumpulkan, memanipulasi, menyimpan, dan menyebarkan data dan/atau informasi untuk mencapai tujuan terttentu. Baca selengkapnya

Jenis Sistem Informasi
  • Enterprise Computing adalah sebagian sistem operasi untuk proses bisnis di dalam organisasi atau group. Baca selengkapnya

  • Transaction Processing adalah adalah sistem yang digunakan untuk mencatat transaksi secara rutin. Baca selengkapnya

  • Management Informatin System adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Baca selengkapnya

  • Knowledge Management System adalah bagian dari perangkat lunak manajemen konten perusahaan, yang berisi berbagai perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam cara informasi dikumpulkan, disimpan dan/atau diakses. Baca selengkapnya

  • User Productivity adalah kunci untuk mencapai hasil akhir yang ingin dicapai oleh organisasi. Semakin sedikit waktu yang dihabiskan pengguna untuk mempelajari alat atau berurusan dengan kerumitan yang tidak dibutuhkan, semakin banyak waktu yang mereka habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan yang produktif.


Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Posting Komentar