Pengertian Enterprise Computing

Daftar Isi
Apa itu Enterprise Computing ?

Enterprise Computing adalah suatu konsep teknologi informasi yang berkaitan dengan penggunaan sistem dan aplikasi yang dapat digunakan oleh seluruh organisasi untuk mengelola berbagai kegiatan operasional, manajerial, dan strategis dalam skala besar. Konsep ini melibatkan penggunaan sistem komputer terintegrasi dan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi bisnis, serta membantu organisasi dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat dan akurat.

Enterprise Computing melibatkan beberapa teknologi dan sistem, seperti:
  • Sistem Enterprise Resource Planning (ERP): Sistem yang terintegrasi dan digunakan untuk mengelola berbagai aspek operasional bisnis, seperti manajemen rantai pasokan, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain.
  • Sistem Customer Relationship Management (CRM): Sistem yang digunakan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Sistem Business Intelligence (BI): Sistem yang digunakan untuk menganalisis data bisnis dan memberikan wawasan yang berguna bagi pengambilan keputusan bisnis.
  • Sistem Collaboration dan Communication: Sistem yang digunakan untuk memudahkan kolaborasi dan komunikasi antar pengguna dalam organisasi.
  • Sistem E-Commerce: Sistem yang digunakan untuk menjual produk atau layanan secara online.

Manfaat Enterprise Computing antara lain:
  • Meningkatkan efisiensi operasi bisnis dengan mengotomatisasi proses bisnis yang kompleks.
  • Meningkatkan kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan dengan memberikan wawasan yang berguna bagi manajemen bisnis.
  • Meningkatkan efektivitas pelayanan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang lebih baik.
  • Mengurangi biaya operasional dengan mengurangi kebutuhan tenaga kerja manusia dan meminimalkan kesalahan manusia dalam proses bisnis.
  • Meningkatkan daya saing bisnis dengan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan fleksibilitas dalam operasi bisnis.
Juga dapat di jelaskan dengan berikut

Enterprise Computing merujuk pada penggunaan teknologi informasi (TI) yang luas dan terintegrasi dalam suatu organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis. Hal ini melibatkan penggunaan berbagai teknologi informasi seperti perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer, dan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik untuk mendukung kegiatan operasional, manajerial, dan strategis dalam suatu organisasi.

Tujuan utama dari Enterprise Computing adalah untuk menciptakan suatu lingkungan informasi yang terintegrasi dan terpusat, sehingga informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh setiap pengguna di dalam organisasi. Dalam konteks ini, teknologi informasi dimanfaatkan untuk mengoptimalkan proses bisnis dan memperbaiki produktivitas karyawan.

Beberapa komponen yang terlibat dalam Enterprise Computing adalah:
  • Perangkat keras seperti server, komputer, dan perangkat jaringan.
  • Perangkat lunak seperti sistem operasi, database, aplikasi bisnis, dan middleware.
  • Jaringan komputer seperti Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Internet.
  • Sistem informasi seperti Customer Relationship Management (CRM), Enterprise Resource Planning (ERP), dan Supply Chain Management (SCM).

Dalam implementasi Enterprise Computing, organisasi biasanya melibatkan tim IT yang terdiri dari spesialis TI yang berdedikasi untuk mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara infrastruktur TI di organisasi. Penting untuk menciptakan lingkungan TI yang fleksibel dan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berubah dan memastikan keberhasilan implementasi Enterprise Computing di dalam organisasi.
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Posting Komentar