Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Gerakan Pramuka #1

Materi yang saya berikan ini mengacu pada "Pendidikan Kepramukaan" Pasal 7
Pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.
Bersumber [Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka]
Daftar Isi

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka di singkat GP, juga menjadi anggota organisasi kepramukaan internasioanal WOSM (World Organization Of Scout Movement).

Kepengurusan Gerakan Pramuka dinamakan KWARTIR. Mulai dari Kwartir Nasional (kwarnas) bertempat di Jakarta, Kwartir Daerah (kwarda) bertempat di Provinsi, Kwartir Cabang (kwarcab) bertempat di Kabupaten/kota,  Kwartir Ranting (ranting) bertempat di Kecamatan dan tingkatan paling bawah adalah Gugusdepan (gudep) bertempat di sekolah atau perguruan.

Ada berapakah gugusdepan? Yakni 2. Pertama gudep berbasis satuan pendidikan berpangkal di sekolah-sekolah dan Kedua gudep berbasis komunitas bertempat sesuai pangkalan komunitasnya. Gudep berpangkalan keagaaman bisa bertempat masjid, greja, vihara dan tempat ibadah lainya. Juga gudep komunitas wilayahaan berpangkalan di kelurahan/balaidesa, kantor kecamatan dan sebaginya.

Gambar-Pramuka

4 Tingkatan Gerakan Pramuka Menurut Usia

Kata PRAMUKA sebuatan dari anggota Gerakan Pramuka. Pramuka dikelompokan melalui usianya, sebgai berikut:

1. Anggota Dewasa; anggota pramuka berusia 26 tahun ke atas atau sudah menikah. Anggota dewas bisa menjadi Pembina, Pelatih, Kamulan (pengurus kwartir), Majelis pembimbing, dan sebaginya.

2. Anggota Muda; anggota pramuka berusia 7 – 25 tahun dan belum menikah. Anggota muda juga disebut dengan Peserta Didik. Anggota muda dibagi menjadi 4 kelompok, yakni:
  1. Pramuka Siaga (7-10 tahun).
  2. Pramuka Penggalang (11-15 tahun).
  3. Pramuka penegak (15-20 tahun).
  4. Pramuka Penegak (21-25 tahun).
Usia 7 tahun ke bawah yang disebut dengan Prasiaga, memang saat ini belum masuk dalam list pengklompokan Peserta Didik.


Materi Pramuka Pramuka Pramuka Penegak Pramuka Penggalang
Join the conversation
Post a Comment