Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Pengertian Kepramukaan Sifat dan Fungsinya

Penjelasan tentang Pengertian Kepramukaan Sifat dan Fungsinya sesuai pramuka
Anangzd.com - Kepramukan atau juga disebut Pramuka adalah Organisasi Kepanduan berasal dari Inggris yang telah menyebar ke seluruh dunia/negara termasuk di Indonesia. Tentang Sejarah kepramukaan, Pramuka pertama kali dikenalkan oleh Bapak Pandu Dunia adalah Lord Robert Stephenson Smyth Boden Powell of Gilwell yang sering dipanggil dengan sebutan Nama  "Baden Powell".

Perlu di ingat, Pramuka itu sebutan untuk Indonesia kalau Pramuka pertama kali bernama Pandu Dunia. Jangan salah kaprah.

Pramuka Dunia

Kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang Pengertian, Sifat, Fungsi dari Kepramukaan dengan singat. Silahkan baca berikut ini.

Pengertian Pramuka
Banyak istilah nama Pramuka, Misal dari golongan pemerintah indonesia yakni "Kepramukaan", yang betempat di Itansi Pendidikan dan luar pendidikan. Kata 'Kepramukaan' adalah proses kegiatan belajar pramuka yang menyenagkan bagi anak-anak dan anank muda.

Kegiatan pramuka yang resmi, selalu dipantau/diawasi oleh pramuka dewas (pemina, orang tua, dll). Kegiatan kepramukaan biasanya dilakukan secara indor (di dalam runagan) dan outdor (di luar ruangan). Di dalam ruangan biasanya pembrian materi tertulis, bernyanyi, yel-yel dll. Kalau di luar ruangan hampir sama dengan indor tetapi lebih condong ke beranian diri/membetuk karakter diri seperti PBB, Outbond/penjelajahan, dan hal-hal di alam terbuka. Semua itu tetap menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang sudah disahkan oleh Pramuka Indoneisa.

Sifat Pramuka
Kepraamukaan mempunyai tiga sifat atau ciri khas yang sudah ditetapkan pada waktu Resolusi Konfrensi Kepramukaan Sedunia di Kopenhagen, Denmark pada tahun 1924. Berikut sifat Pramuka.

1. Sifat Nasional
Sifat Nasional yang memiliki arti: Suatu organisasi yang menyelenggarakan kegiatan Kepramukaan disuatu Negara, serta menyesuaikan pendidikannya dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.

2. International
Sifat Internasional yang memiliki arti: organisasi kepramukaan di negara manapun/seluruh dunia harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama anggota Pramuka/sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan,  tingkat, suku, dan bangsa.

3. Universal
Sifat Universal yang memiliki arti: kegiatan pramuka dapat dipergunakan dimana saja dan dimana puntempat, juga untuk mendidik anak-anak dari bangsa manapun, yang dalam pelalaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Fungsi Pramuka
Fungsi Pramuka kita ambil penjabaran dari pengertian dan sifat Kepramukaan, sebagi berikut:

1. Kegiatan yang Menarik bagi Anak atau Pemuda
Kegiatan menarik adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengandung ilmu atau pendidikan. Setiap permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, agar permainan tersebut menjadikan strategi seperti cara, sekil, dll juga pastinya tidak bersifat hiburan saja.

2. Pengabdian Untuk Orang Dewasa
Pramuka untuk orang dewasa adalah suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang Dewasa mempunyai kewajiban melakukan/melaksanakan secara sukarela demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

3. Alat untuk Masyarakat dan Organisasi
Bagi masyarakat, kegiatan kepramukaan dapat digunakan sebagai alat untuk membantu memenuhi kebutuhan warga masyarakat setempat. Begitu juga bagi organisasi dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi kegiatan yang diberikan secara latihan berkala. Perlu dingat Pramuka itu bukan bertujuan untuk Pendidikan tetapi untuk melatih diri seperti tentang moral, etika, dan pembentukan karakter siswa atau anggota pramuka.
Pramuka Pramuka Dewas Pramuka Penegak Pramuka Penggalang Pramuka Siaga
Join the conversation
Post a Comment