Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Nama Suku di Indonesia Berdasarkan Pulau

Membahas tentang suku indonesia di lengkapi dengan ciri khas suku. suku di indonesia berdasarkan pulau, suku bangsa di indonesia berdasarkan asal daer
Anangzd.com - Nama Suku di Indonesia Berdasarkan Pulau dan wilayahnya. Suku adalah golongan adat turun temurun dari nenek moyang. Kawasan suku biasanya hanya wilayah tertentu saja tidak terlalu luas dengan alsan, suku adalah ciri khas wilayah/pulau tertentu yang memiliki adat isti adat peninggalan dari nenek moyang dahulu (leluhur).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku di artikan sebagai golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar. Sementara suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat di bedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

Suku di Indonesia sesui informasi dari situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS) dengan kode data SP2010 berjumlah  1331 kategori suku di Indonesia.

suku.jpg
Daftar Nama Suku di Indonesia dan Wilayahnya
Di anangzd akan membahas suku yang berada di Indonesia juga asal pulanya. Berikut daftar suku bangsa di indonesia berdasarkan pulau.

1. Pulau Sumatra

a. Suku Aceh
Aceh adalah wilayah pertama kali yang dimasuki ajaran Agama Islam. Aceh memiliki nama sebutan Serambi Mekah. Asal Suku bangsa Aceh yakni Gayo dan warga Aceh asli.

b. Suku Batak
Suku Batak bertempat di wilaya Sumatera Utara. Suku batak terbagi menjadi beberapa bagian yakni Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Untuk mengetahui budaya batak dari Marga. Nama marga dapat di ketahui dari nama yang digunakan, misal Aril Tanjung (berarti bermarga Tanjung) atau Dewi Persik Nasution (berarti bermarga Nasution).

c. Suku Minangkabau
Suku Minangkabau bertempat di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Suku mingkabau sering di sebuat suku bangsa Padang. Karakteristik suku Minang dapat di ketahui dari bentuk rumah penduduknya yang dinamakan Rumah Gadang.

2. Pulau Jawa

a. Suku Betawi
Suku Betawi berasal dari wilayah DKI Jakarta. Asli penduduknya warga Jakarta setempat. Bahasa yang digunakan orang jakarta adalah bahasa Betawi, dengan karakteristik dialek masih mengadung unsur dari budaya Cina, Arab, dan Eropa.

b. Suku Sunda
Suku Sunda bertempat di wilayah Provinsi Jawa Barat. Suku Sunda ada kategori dua yakni Sunda Priangan dan Sunda Banten.

Ciri khas dari suku Sunda dapat di ketahui dari bicaranya menggunakan bahasa Sunda, kesenian sunda dan yang lainya.

c. Suku Jawa
Suku Jawa bertempat di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Jawa. Ada tiga macam dialek dari dialek Semarang, Surakarta, dan Surabaya.

Ciri khas orang jawa adalah bermata pencaharian masyarakat suku Jawa bertani, industri, hingga sektor jasa. Juga mengadakan sesaji dari peninggalan turun-penurun nenek moyang dahulu.

3. Pulau Kalimantan
Suku di Kalimantan ialah Dayak. Warga dayak menggunakan bahasa Dayak asli. Orang dayak terkenal membuat kerajninan pengayam kulit rotan menjadi tikar, keranjang, dan topi yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.
Budaya Indonesia Suku
Join the conversation
Post a Comment