Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Mobil Otomatis

Anangzd.com - Penjelasan Mobil Otomatis - Mobil Otomatis atau disebut juga Mobil Auto yang sangat digemari masyrakat karena pengguanya sangat mudah untuk perpindahan gigi.

Apa itu transmisi otomatis?
Transmisi otomatis, atau kadang-kadang ditulis K/T, adalah jenis sistem transmisi yang memungkinkan perubahan peralatan terjadi secara otomatis. Tuas pemindah gigi diaktifkan tergantung pada seberapa banyak pedal akselerator ditekan. Ini berbeda dengan sistem transmisi manual yang membutuhkan pedal kopling dan tuas persneling untuk menggeser persneling.

Dalam transmisi manual, pengemudi harus menekan pedal kopling dan memutar tuas untuk mengganti persneling. Koordinasi gerakan harus tepat karena jika tidak mobil akan mati. Berbeda dengan transmisi otomatis, keluarga otomatis hanya memutar tuas transmisi tanpa harus menekan pedal kopling terlebih dahulu. Transmisi otomatis dan transmisi manual juga dapat ditemukan di mesin kendaraan bermotor.

Namun, prinsip pengoperasian transmisi otomatis tetap sama, yaitu konversi torsi dan kecepatan yang berbeda tergantung pada momen yang dihasilkan oleh Mesin.

Mobil Auto

Pengetahuan tentang sistem transmisi otomatis
Bagaimana cara kerja sistem transmisi otomatis? Cara kerja transmisi otomatis lebih rumit daripada transmisi manual. Ini karena transmisi otomatis memiliki banyak komponen yang tidak dimiliki transmisi manual. Komponen yang dimaksud adalah konverter torsi (torsi atau konverter torsi), unit kontrol hidrolik, serta unit roda gigi planet.

Ketiga komponen ini dapat ditemukan dalam oli transmisi. Dengan ketiga komponen ini, fungsi oli transmisi sangat berbeda. Oli bertindak tidak hanya sebagai pelumas dan pendingin, tetapi juga sebagai konverter roda gigi. Jadi, seluruh pengaturan ini disebut cairan transmisi otomatis (ATF).

Simbol pada tuas transmisi otomatis
Selain tidak adanya pedal kopling, fitur lain dari transmisi otomatis juga terletak pada tuas persneling. Tuas transmisi pada mobil otomatis memiliki banyak simbol yang tidak dimiliki mobil manual. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang ikon pada tuas transmisi otomatis.

1. N (netral)
Simbol pertama adalah N. N atau Netral ini menunjukkan posisi netral. Mode ini digunakan jika mobil harus berhenti untuk waktu yang lama, misalnya, ketika terjebak dalam lalu lintas. Fungsinya sama dengan simbol N pada transmisi manual.

Baca Juga: Cari tahu alasan mengapa memutar setir mobil ke kiri sangat berbahaya

2. F (Taman)
P digunakan saat mobil diparkir. Saat memindahkan tuas transmisi ke posisi P, mobil tidak akan bisa bergerak sama sekali. Posisi transmisi pada R akan menyebabkan mobil terbuka. Oleh karena itu, keluarga mobil tidak boleh menggunakan kode ini ketika mobil diparkir secara paralel.

3. R (gigi mundur)
Seperti n, simbol ini juga dapat ditemukan pada tuas transmisi manual. Fungsi transmisi pada mobil otomatis dan manual adalah sama, yaitu membuat mobil berjalan mundur.

Baca juga: penyebab air dingin mendidih di kendaraan

4. D (mesin)
Nah, keluarga otomatis tidak akan menemukan simbol ini pada mobil tipe transmisi manual. D digunakan saat mengendarai mobil. Jika Anda ingin mengendarai mobil lebih cepat, Anda tidak perlu mengganti tuas transmisi lagi untuk menghasilkan gigi mundur, cukup tekan pedal gas lebih dalam. Komponen ECU akan beradaptasi dengan kecepatan mesin.

5. ​D. 1 atau L (rendah)
Posisi D1 atau l biasanya digunakan saat mobil melewati jalan menanjak yang curam. Pada beberapa mobil otomatis, d 1 atau L akan mengikuti simbol 2 dan 3, Beberapa menggunakan simbol+/ -.

Baca juga: Ketahui 5 perbedaan antara mesin bensin dan mesin diesel

Kami berharap penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan autofamily tentang apa itu transmisi otomatis. Mobil dengan sistem transmisi otomatis memberikan kenyamanan penggunaan tertentu yang tidak dimiliki mobil manual. Toyota sendiri meluncurkan mobilnya dengan sistem transmisi ini, dimulai dengan hatchback seperti Agia hingga people carrier seperti Innova. Tertarik untuk memiliki mobil otomatis? Kunjungi dealer auto 2000 terdekat atau melalui digirom auto 2000. www.anangzd.com
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Post a Comment for "Penjelasan Mobil Otomatis"