Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat Bootabel dengan Rufus

Anangzd.com - Berikut tips Cara membuat Bootabel dengan Rufus dengan mudah. Di jaman moderen mengintsall komputer atau install ualng laptop bisa menggunakan Flashdisk yang sudah di bootable dengan aplikasi Rufus yang dapat digunakan secara gratis yang sudah saya sediakan di link bawah.

Berbeda dengan jaman dulu, kalau mau install uang harus punya master Windows di DVD atau CD lalau dimasukan ke dalam DVD RW pada komputer atau laptop. Untuk membakar ISO menjadi master windows dengan menggunakan aplikasi Nero Burning ROM.

Apa itu Rufus ?

Rufus adalah aplikasi untuk membakar ISO system operasi seperti Windows, Linux dan yang lainya menjadi bootable dengan flashdisk.

Aplikasi rufus ada dua kategori yakni Rufus Setup yang harus di install pada komputer dan Rufus Portable dapat di jalankan tanpa harus di install pada komuter.


Perlu di ingat ya, aplikasi Rufu ada dua macam yakni Rufus yang hanya tersedia BIOS nya MBR saja dan juga sudah tersedia MBR dan GPT.

Sebelum kalian membuat bootable melalui flashdisk kalian harus lihat terlebuh dahulu Tipe Partisi MBR atau GPT dengan tujuan agar saat booting ke proses penginstalan berjalan dengan lancara tidak berhenti/blank.

Sekarang kalian sudah paham ya kegunaan dan manfaat aplikasi Rufus. Lanjutnya saya akan membuatkan panduan tutorial membuat bootable flashdisk deangan Rufus. Jika Anda tertarik silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

membuat Bootabel dengan Rufus

Cara membuat Bootabel Windows dengan Rufus

1. Donwload aplikasi Rufus di sini
2. Extrak app rufus dari file winrar
3. Buka folder lalu jalankan Setup Rufus dengan cara dobel klik atau klik kanan Rus as administrator
4. Klik Select untuk memasukan file ISO Windows cari di folder anda menyimpanya. Pada Partition schema pilih GPT atau MBR. Selanjutnya klik Start. Ada perintah semua file yang berada pada Flashdisk di hapus atau format pilih "YES".
Cara Menggunakan Rufus untuk Membuat Bootable Flashdisk

5. Tinggal tunggu proses pembarakaran master ISO windows sampai 100% selesai

Video Tutorial Cara Membuat Bootable Windows di Flashdisk

Selamat sekarang Anda sudah bisa membuat bootabel windows flasihdisk denga mudah. Membuat Bootable Windows 10 dengan Rufus.

Download Rufus Versi Final Free Premium
Zipp | Upbox | Racat | 

Tentang Rufus Resmi

Membuat perangkat USB bootable dengan mudah

Rufus adalah alat yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll.

Rufus sangat berguna bagi kasus dimana:
Anda perlu membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.)
Anda perlu bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
Anda perlu melakukan flash BIOS atau firmware lain dari DOS
Anda ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah

Meskipun ukurannya kecil, Rufus menyediakan semua yang Anda butuhkan!

Satu lagi, Rufus sangatlah cepat. Buktinya, Rufus kurang lebih dua kali lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool, dalam membuat media instalasi USB Windows 7 dari sebuah ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dalam membuat USB bootable Linux dari berkas ISO.
Daftar beberapa ISO yang didukung oleh Rufus juga disediakan di bawah halaman ini.

Terakhir diperbarui 2022.08.03:
Rufus 3.20 (1.3 MB)
Rufus 3.20 Portable (1.3 MB)
Versi lain (GitHub)
Versi lain (FossHub)

Bahasa yang didukung: Bahasa Indonesia,BahasaMalaysia,Български,Čeština,Dansk,Deutsch,Ελληνικά, English,Español,Français,Hrvatski,Italiano,Latviešu,Lietuvių,Magyar,Nederlands,Norsk, Polski,Português,Português do Brasil,Русский,Română,Slovensky,Slovenščina,Srpski, Suomi,Svenska,Tiếng Việt,Türkçe,Українська,简体中文,正體中文,日本語,한국어,ไทย, עברית,العربية,پارسی

Persyaratan Sistem:
Windows 7 atau setelahnya, 32 atau 64 bit tidak masalah. Setelah diunduh, aplikasi ini siap digunakan.

Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada para penerjemah yang membuat terjemahan bagi Rufus, serta halaman web ini ke dalam berbagai bahasa. Jika Anda dapat menggunakan Rufus dalam bahasa Anda, berterima kasihlah kepada mereka!

Semoga artikel tentang panduan tutorial Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkujung di www.anangzd.com.
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Post a Comment for "Cara membuat Bootabel dengan Rufus"