Menjadi Orang Islam Pemula

0
Sumber gambar : www.atiyono.eu.org

Assalamualaikum.wr.wb
sudaraku ber - agama islam semoga hari ini dalam keadaan baik, sehat dan lindungan Allah SWT.

Di artikel ini akan membuat curhatan tentang "Menjadi Orang Islam Pemula". Jika kalian baru belajar agama islam semoga kalimat-kalimat ini dapat menjadi refrensi untuk kalian semua.

Baca Terlebih Dahulu Agar Tidak Salah Pengertian
Artikel ini dibuat sesuai pengalaman yang sudah di alami. Kalian tidak harus melakukan sesuai dengan kalimat yang di ketik ini. Lakukan dengan versi masing-masing, mungkin setelah membaca kalimat ini medapat pencerahan cara bersikap menjadi orang islam yang baik sesuai ajaran "Islami". 

Jangan gunakan kalimat artikel ini sebagai bahan perbandingan ajaran lain, ini di tulis hanya untuk pembelajaran santai.

Selamat membaca......

Menjadi Orang Islam Pemula

Waktu kecil sering melakukan aktivitas belajar ngaji setiap sore di masjid. Sehabis mengaji bersama kita lanturkan bacan surat dan do'a bersama, lalu ada pertanyaan tentang pengetahuan Agama Islam dan siapa yang bisa membaca do'a atau surat "siapa yang bisa acungkan jari". Yang berani mengacungkan jari biasanya temen-temen tingkat Iqro 4 keatas dengan alasan daya ikat sudah meulai tumbuh remaja dan ada juga yang di tujuk secara langsung oleh guru ngajinya.

Setelah berajak dewasa saya tau tentang aktivitas di luar sana sangat bebas dan menyenagkan, pokonya lebih leluasa tidak ada batasan aturan. Akhinya melakukan banyak hal yang mungkin itu di larang oleh agama islam. Saya tetap melakukan dengan alasan lebih enjoy dan happy untuk diri sendiri dan bercakap bersama temen. Ketika orang tua tau tentag aktivitas di luar tidak baik ini pasti akan marah, mau gak mau hanya diam-diam menyembunikan ini semua dari siap pun.

Melatih Diri
Ketika kalian mencari ketenagan diri dan fokus dalam keluarga, harus perbanyak ilmu. Dengan luasanya ilmu pasti akan banyak cara penyelesain problem/trobel yang sedang di hadapi dan kalian dapat memberiakan solusi kepada orang lain. Ini kunci utama "Ketenagan Diri".

Saat kalian di luar sana sedang memiliki permasalahan jangan terlalu fokus ke masalah tersebut tetapi harus memiliki ketenangan jiwa pada diri. Dengan ketenangan semua persoalan apa pun akan mudah terselesaikan dengan tepat waktu.

Tetap Menjadi Islam Yang Baik
Apakah kalian paham tentang Agama Islam ? Untuk penjabaran secara umum yakni sebagai identitas diri ketika ada yang bertanya "apa agama mu ?" ini adalah kepercayaan setiap manusia di muka bumi yang bisa menolong di dunia dan alam selanjutnya. Agama untuk diri kita sebagai pedoman hidup bertemu kepada "Tuhan" masing-masing dan penolong saat terjadi kejadian dibumi.

Bagaiman bisa Agama sebagai Pedoman Hidup. Pernahkah kalian berfikir sampai situ ? "Sedikit berfikir". Pedoman disini di artikan cara hidup dimuka bumi agar kita mendapatkan ridoh dari Sang Pencipta "Keprcayaan Agama". Ilmu agama gunakan sebagai cara hidup diri kita,  tetapi kalian harus memiliki toleransi kepada orang lain ketika tidak sesuai syariat agama. Jelasakan ketentuanya agar menjadi Ilmu untuk dia "Yang melkukan" jangan melarang lebih dari 25%, agar tetap di zona aman dari perdebatan.

Perlu di ketahui setiap negara memiliki adat masing-masing jangan gunakan agama kalian untuk menegur aktivitas orang lain, hanya jelaskan yang baik dan kurang baik, agar terhindar dari perselisihan. 

Gunakan Agamamu untuk keidupan dirimu dan keluargamu. Bertoleransi kepada semua orang dan agama lain. Jangan hujat dengan kalimat kitab-Mu, ketika tidak berada di wadahnya agar tidak terjadi argumen perdebatan. Saat bersama orang lain berbicaralah secara nasional.

Agama Adalah Ketenangan Jiwa dan Pedoman Hidup
Kitab-kitba agama berisi tentang cara hidup manusia dan berbuat baik kepada sesama. Semua kitab isinya hampir sama yakni belajar, merawat, kebaikan, berserah diri. Tidak ada agama yang salah ketika kalian benar-benar memeprcayai dengan sepenu jiwa raga fikiran dan hati menyatu. Rasakan pada diri agam ini baik untuk menuntun kebaikan dalam diri kita dan kebersamaan.

Coba lakukan kewajiban dan sunah agama masing-masing dengan ketengan sepenuh jiwa pasti akan terasa nayaman pada diri. Lakukan tepat waktu ketika sedang dalam keadaan waktu luang. Saat sedang beraktivitas jangan terburu-buru dalam melakuka-Nya agar tetap dalam keadan tenang.

Cerita Hidip Dengan Pedoman Agama
Dulu saat beranjak dewasa melakukan aktivitas sesaui dengan agama yang sedang di anut. Pada diri terasa aman nyaman tenang tidak banyak problem/persoalan yang berbelit-belit. Harus konsiten mengutamakan kewajiban agama karen segala sesuatu akan kembali kepada keprcayaan masing-masing. Perbanyak ilmu agama, selalu terapkan ilmu agam dengan aktivitas kehidupan diri dan keluarga agar terbentuk kenyamanan. Selesaikan tengung jawab secara tepat waktu agar akfitas kewajiban berjalan sesuai dengan ketentuanya. Lakukan dua (2) sampai empat (4) aktivitas secara pribadi dan umum, jangan terlalu banyak karena akan menguras waktu untuk menyelesaikan.

Hidup Dengan Agama Islam
Sah memeluk agama Islam harus bisa mengucapkan "Syahadat" berserta artinya. Berikut bacaan syahadat "Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah". Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Setelah bisa melanturkan kalimat Syahadat dengan benar alhamdulillah sekarang sah masuk agam islam sesuai syariat Allah. 

Mulai belajar membaca ayar-ayat Al-Quraan setiap hari di waktu luang sesuai tempatnya dan dalam keadaan suci sudah berwudhu agar terjaga kesucian ilmu Allah SWT. Tak lupa baca juga arti, kandungan surat atau doa dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saat menerapkan jangan tergesa-gesa sesuai proses perlahan dari jiwa penerapan dengan hati.

Ketika kalin sudah paham dengan ilmu agama terapkan pada diri sendiri dan keluarga. Jangan gunakan ilmu agama untuk membanding-bandingkan paling benar senidir. Tujuan Agama ada, saat menjalani hidup tidak salah jalan dan hidup toleransi sesama makhluk di semesata alam ciptan Tuhan.

Penutup
Orang hidup memiliki kepercayaan masing-masing tidak ada yang salah. Orang yang salah adalah orang yang menyalahkan karena dia berangapan paling benar sendiri. Mecoba hidup dengan Nasional yang artinya hidup dengan berbagai ilmu agamamu agama lain dan pengetahuan umum secara negara.

Saya percaya kalian adalah manusia yang baik dan sepurna di hadapan sang pencipta, tetap menjadi dirmu sendiri dalam kesempurnan-Nya.

Terima kasih sudah membaca tulisan yang sudah di buat ini, semoga dapat bermanfaat untuk saudara-saudara ku.

Kalian boleh Riques tentang artikel berikutnya akan saya buatkan sesuai gambaran dari berbagai sumber.

Terima kasih Banyak sudah berkujung di www.anangzd.com
Tags

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
Top