Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis 2022 ke Jawa Tengah

Anangzd.com - Di tahun 2022 Presiden Jokowi Dodo sudah membolehkan warga masyrakat yang berada diperantauan mudik ke kampung halam untuk merayakan Idul Fitri 2022, dengan syarat mematuhi protokol kesehatan agar terhindar Covid-19 serta terhindarnya penularan Covid-19 antar warga seperti keluarga, tetangga dan teman.


Klaten, Gelombang mudik lebaran akan dimuali beberapa hari lagi sudah mendekati. Pihak Kementerian Perhubungan tahun ini menggelar mudik gratis untuk mengurangi penumpukan dan angka kecelakaan di jalan di indonesia.

Ungkap Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi alasan diadakan mudik gratis bertujuan untuk mengurangi warga masyrakat menggunkan sepeda motor untuk pulang ke kapung halaman dengan selamat dengan fasilitas yang sudah sediakan oleh pemerintah.
"Di tahun sekarang sebagaimana arahan pak Menteri Perhubungan dan kampanye tanpa sepeda motor, kami diminta siapkan mudik gratis bagi masyarakat yang mau mudik dan bagi para pengguna sepeda motor," ungkap Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/4/2022).
Bagi kalian yang berminat ikut mudik gratis dari Kemenhub, Ini dia informasi seputar cara daftar, rute mudik, hingga syarat mudik gratis tahun 2022 Informasi Pendaftaran Mudik
Di tahun 2022 pihak Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyiapkan anggaran uang sebesar Rp 10 miliar agar program mudik gartis dari pemerintah dapat berjalan dengan lancar sukses. Budi mengatakan ditahuin ini akan ada 10 ribu pemudik yang menggunakan jasa program mudik gratis cuma-cuma dari pemerintah.

Jangan sampai kehabisan untuk mendaptkan Tiket Mudik Gartis dari Kementerian Perhubungan. Pendaftan akan dibuka minggu depan dengan mengakses secara online ke website www.mudikhubdat2022.com.

"Uangkap Budi: Pendaftaran dimulai minggu depan untuk Tujuan ke kota yang berada di Jawa Tengah"

Jadwal Mudik Gartis
Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia ikoordinir Ditjen Perhubungan Darat mulai berangkat pada tanggal 27-29 April 2022.

Cara Daftar Mudik Gratis
Sebelum mendaftar kunjungi www.mudikhubdat2022.com untuk mendaftar secara daring.

Peserta mudik gratis wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan syarat pendaftar sudah vaksi ke 3 atau Booster. Jika pemudik tidak memiliki semarphone membawa kartu vaksin yang sudah di cetak.

Berikut Cara Medaptkan Mudik Gratis:
  1. Akses/buka alamat website www.mudikhubdat2022.com
  2. Melakukan login dan Melengkapi data diri pemudik
  3. Melakukan verifikasi dan validasi sistem secra online
  4. Mengunduh & cetak QR e-tiket peserta mudik
  5. Membawa hasil cetakan QR e-tiket beserta data pendukung lainnya seperti (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus yang sudah di sediakan
  6. Berangkat sesuai dengan lokasi bus pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus yang sudah terdaftar

Daftar Rute Mudik Gratis
Ada 14 Rute Kota tujuan mudik gratis ke Jawa Tengah, yakni:
  1. Tegal
  2. Semarang
  3. Demak
  4. Kudus
  5. Boyolali
  6. Solo
  7. Klaten
  8. Wonogiri
  9. Wonosari
  10. Yogyakarta
  11. Magelang
  12. Wonosobo
  13. Kebumen
  14. Purwokerto

Kuota Mudik Gratis
Ungkap Budi Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub kami menyiapkan 350 bus yang akan mengangkut 10.500 penumpang pemudik.

Jumlah itu dibagi dua kategori yakni:
1. Untuk arus mudik ada 270 bus beroperasi dg total kapasitas 8.100 penumpang
2. Untuk arus balik sebanyak 80 bus dg kapasitas 2.400 penumpang

Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub juga akan menyipakan angkutan motor sebanyak 34 truk dengan kapsitas isi 34 unit motor setiap truk. Saat mudik ada 17 truk yang akan mengangkut 510 motor dan sama juga untuk arus balik.

Syarat Mudik Gratis


Arus Balik Lebaran
Untuk keberangkatan arus balik Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menyiapkan bus dari 5 kota: Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri dan tak lupa juga menyiapkan 34 truk untuk mengangkut sepeda motor untuk arus balik yang sudah disiapkan pembrangkatan bus.

Nah itulah indormasi tentang mudik gratis pemerintah tanpa di pungut biyaya, dengananya informasi ini semoga bermanfaat untuk yang akan pulang ke kapung halaman dengan jasa pemerintah. Informasi Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis 2022 ke Jawa Tengah. Terima kasih sudah berkujung di www.anangzd.com.
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Post a Comment for "Info Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis 2022 ke Jawa Tengah"