Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Usul K Menjadi Singkatan Ribu

Apa itu Ribu ? sebutan harga unag untuk membeli sesuatu barang.
Arti K Pada Harga adalah memntukan nominal pada harga barang yang akan di beli.
100K artinya harga Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).
1K berapa rupiah Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)

K singkatan mata uang rupiah indonesia

Anangzd.com - Taukah kalian asal-usul huruf K menjadi kata Ribu untuk mata uang Rupiah Indonesia ! Kalau kalian sering melihat barang di Toko (super market) dan jual beli online di toko online atau media sosial pasti ada yang menulis harga dengan sebutan K misal saja 20K ini berarti harganya Dua Puluh Ribu Rupaih.

Jadi kata K ini sebenarnya Kilo, lalu dijadikan penganti Ribu. K ini disebut Harga atau Jumlah.

Kalimat beli barang dengan K = Harga / Jumlah
Harga kopi di coffee berapa ya kak ? 15K
Jumlah harga Minyak itu berapa ya ?

Penjelasan Detail Huruf K di Sebut Ribu
Jadi satuan K kepanjangan dari kilo. Kilo ini digunakan sebagai unit pengukuran untuk Sistem Satuan Internasional atau SI (Systeme international dunites).

Terdapat Dua Pengukuran Dengan Satuan K dan Asal Usulnya
Misal dengan pengucapan kalimat  1 kilometer sama dengan 1.000 meter dan berat barang padi 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Dari negara mana kata kilo berasal ? adalah Yunani yakni chilioi yang artinya Ribuan. K dinyatakan untuk menyatakan banyak atau jamak. Singkatan K digunakan untuk harga ribuan pada tahun 1940-an.

Ini Dia Pertama Kali Yang Menggunakan Istilah K
Pada tahun 1975 grup riset Antoine Lavoisier mengadaptasi K menjadi satuan dan diperkenalkan oleh sistem metrik Prancis pada tahun 1979. Dan akhirnya sistem penghitungan menggunakan K hingga saat ini, misal Pada harga barang dan Jumlah Pengikut akun di media sosial.

Keuntungan Menggunakan Huruf K
Menggunkan huruf K pada jual beli sangat banyak keuntunganya seperti menghemat tempat dan menyingkat angka nol pada nominal harga. Dan tak hanya itu saja huruf K juga untuk satuan teknologi seperti size Hardwere, File dan yang lainya. Misalnya untuk menentukan size menunjukkan resolusi pada gambar foto seperti 2K dan 4K.

Nah itulah kegunaan serta asal usul pengucapan huruf K dalam kehidupan sehari-hari di masyrakat dunia. Dengan adanya artikel yang membahas kata K ini semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah berkujung di www.anangzd.com.

Sumber
https://www.anangzd.com/2022/04/asal-usul-k-menjadi-singkatan-ribu.html
Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Post a Comment for "Asal Usul K Menjadi Singkatan Ribu"