Sukap Jiman Pencipta Lagu Lingsir Wengi Meninggal Dunia

0
Anangzd - Pada pagi hari tadi Bapak Sukap Jiman Pencipta Lagu Lingsir Wengi Meninggal Dunia di kediaman kota Sukoharjo. Pencipta lirik lagu Lingsir Wengi mbah Sukap Jiman lahir pada 10 Oktober 1935 tutup usia pada tanggal 16 Januari 2021 jam 09:45 WIB.


Informasi Penyakit dan Pemakaman
Sukap Jiman meninggal karena memiliki penyakit : Stroke
Di makamkan :  TPU Widorsari, Kartasura 
Jam pemakaman : 15.00 WIB

Sejarah Sukap Jiman Sang Pencipta Lagu Lingsir Wengi
Lagu Lingsir Wengi populer pada tahun 1990-an dan di ciptakan pada tahun 1995 lalu di populerkan oleh Nurhana.

Sebenarnya Lagu Sukap Lingsir Wengi sudah populer di jalanan sejak tahun 1970-an. Sukap Jiman adalah seorang pengamen jalanan/keliling dari kota ke kota lain.

Pada tahun 1995 akhirnya Sukap Jiman menciptkan lagu Lingsir Wengi judul ini dalam bahasa Jawa. Kalau dalam bahasa Indonesia Lingsir Wengi berarti "Bergulirnya Malam".

Pada wkatu sakit-sakitan Sukap Jiman sempat ke rumuah istrinya beralamat di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sukap Jiman berhenti mengamen sejak penyakit menyerang tubuh hingga menyebabkan gejala Stroke, lumpuh dan hanya bisa berbaring di atas tempat tidur. 

Semenjak tiga tahun sebelum wafat Sukap Jiman tinggal di desa Kebon Baru, Pucang, Kartasura, Jawa Tengah dan di rawat oleh Nur, sejak itu kakinya sudah tidak bisa lagi digerakan disebabkan penyakit Stroke tersebut.

Anggota Tubuh Sukap Jiman yang tidak bisa di gerakan dari pinggang hingga kaki dan pinggang sampai kepala masih bisa di gerakan, berbicara masih normal, daya ingat juga masih normal.

Penutup
Sukap Jiman adalah seorang pengamen jalanan dari kota ke kota lain akhirnya menciptkan lagu berjudul "Lingsir Wengi" dan dipopulerkan saat dinyanyikan oleh Nurhana adalah profesi sebagai penyanyi campursari dari Jawa Tengah. Simbah Sukap Jiman meninggl karena sudah berumur tua dan memiliki riwayat penyeakit Stroke menyebabkan sabagian anggota tubuh ke bawah tidak bisa bergerak.

Post a Comment

0 Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top