Konsep Basis Data (Database)

Konsep Basis Data (Database)

Pengertian Database

Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling terhubung satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen penting dari sistem informasi, karen berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi pemakainya (Jogyianto, 2005).

Menurut (Soeherman & Pontoan, 2008) manfaat database selain sebagai penyimpan dan pengolahan data adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan integrasi data antar komputer atau bahkan antar divisi.
  2. Mempermudah proses sharing atau bertukar data dengan pengguna lain.
  3. Database memungkinkan pengolahan data untuk menghasilkan berbagai format informasi dalam bentuk laporan yang mudah dimodifikasi (customize).
  4. Menguragi data yang tidak konsisten atau data ganda.
  5. Data terpusat sehingga mudah dekelola dan dikendalikan

Pengertian Database Management System (DBMS)
Database Management System (DBMS) adalah kumpulan program perangkat lunak (software) yang memperbolehkan database untuk membuat dan memelihara database. DBMS merupakan sebuah software yang mempunyai atau menyediakan fasilitas untuk melakukan proses defining, constructing, manipulating (Riyanto, 2005) .

Menurut (Simarmata, 2007) Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) adalah perangkat lunak yang disajikan oleh penjual basis data. Produk perangkat lunak seperti Mocrosoft Access, Oracle, Microsoft SQL Server, Sybase, DB2, INGRES, dan MySQL adalah semua DBMS. Secara umum DBMS dimasukkan ke dalam empat kelompok utama, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar berikut:

Gambar Fungsi-Fungsi DBMS

1. Data Definition
Penjelasan struktur data baru untuk suatu basis data, pemindahan struktur data
dari basis data, serta pemodifikasian struktur dari data yang ada.

2. Data Maintenance
Memasukkan data baru ke dalam struktur data yang ada, memperbarui data di dalam struktur data yang ada, dan menghapus data dari struktur data yang ada.

3. Data Retrieval
Peng-query-an data yang ada oleh pengguna akhir dan pengekstrakan data sebagai penggunaan oleh program aplikasi.

4. Data Control
Menciptakan dan mengawasi pengguna basis data, pembatasan akses untuk data di dalam basis data, dan pengawasan kinerja basis data.

Pengertian Relational Database Management System (DBMS)
RDBMS merupakan suatu paket perangkat lunak yang kompleks digunakan untuk memanipulasi database atau biasa dikatakan sebuah sistem yang secara otomatis menyatukan DBMS yang saling berhubungan (Riyanto, 2005).

Menurut (Kusrini & Koniyo, 2007) ada tiga prinsip dalam RDBMS, yaitu:

1. Data Definition
Mendefinisikan jenis data yang akan dibuat (dapat berupa angka atau huruf), cara relasi data, validasi data, dan lainnya

2. Data Manipulation
Data yang telah dibuat dan didefinisikan akan dikenai beberapa perlakuan seperti penyaringan, peng-query-an, dan lain sebagainya.

3. Data Control
Bagian ini berkenaan dengan cara mengendalikan data, seperti siapa saja yang bisa melihat isi data, bagaimana data bisa digunakan oleh banyak user, dan sebagainya

0 Comments:

Post a Comment