Bedanya Partisi MBR Dan GPT Pada Hard Drive

Daftar Isi
ZEATEKNO.COM - Perbedaan Tipe Hard Disk Drive (HDD) atau Solid-State Drive (SSD) apa sih ? Ini adalah tempat peyimpana utama pada komputer atau leptop. Jika komputer kalian tidak ada HDD atau SSD pastinya tidak dapat di isntall sistem operasi microsoft windows, Linux dan sisem operasi lainya dikarenakan tidak ada tempata penyimpan untuk file master sistem operasi.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa itu Hard Disk Drive (HDD) ?

Hard Disk Drive adalah perangkat keras (hardware) sebagai tempat penyimpanan komputer. 

Apa itu Solid-State Drive (SSD) ?

Solid-State Drive adalah perangkat keras (hardware) sebagai tempat penyimpanan komputer.

Apa itu Patrisi ?

Partisi adalah HDD atau SSD yang sudah di bagi menjadi beberapa bagian sperti C:/ , D:/ dan yang lainya.

Perbedaan HDD dan SSD


Untuk HDD kapasitasnya besar, harga murah, speed standar
Untuk SSD kapasitasnya tidak terlalu besar, harga mahal, speed lebih cepat dari hdd

Jika komputer digunan untuk editor, game dan kerja keras dengan speed di sarankan pake SSD agar saat pengoprasinya tidak teras lag atau lemot.

Partisi komputer ada dua tipe di system operasi windows yaitu Master Boot Rcord (MBR)  dan (GUID Parition Table (GPT), untuk perbedanya tipe MBR ini kompatible di semua versi Microsoft versi lama ataupun baru dapat menyimpana kisaran 2 terabyt saja. kalau GPT hanya kompatible veri Microsoft versi terbaru dapat menyimpan kisaran 9,7 zetabyt 1 zetabyt sekitar 1 miliyar zetabyt. 

MBR dapat membuat maksimal 4 partisi utama. Namun, dari salah satu partisi dapat dikonfigurasi sebagai extended partition yaitu partisi yang bisa dipecah menjadi 23 partisi tambahan. Untuk, jumlah maksimum absolut dari partisi yang dimiliki MBR adalah 26 partisi. GPT  memungkinkan memiliki hingga 128 partisi terpisah.

MBR bisanya untuk komputer versi lama, untuk membuat partisi pada tipe Legcy BIOS, hanya dapat mengakses hard drive yang dipartisi dengan MBR. Untuk GPT dapat di pasang dengan UEFI BIOS kompetable dengan software dan hardware yang sangat baik.

Anang_at
Anang_at Belajar dari hal kecil, ingin menjadi orang Berhasil. Optimis, pasti bisa mencapai apa yang di inginkan.

Posting Komentar