Gunung Ungaran Semarang, Jawa Tengah

Anangzd - Gunung Ungaran terletak di kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia memiliki ketinggian 2050 (dua ribu limapuluh) meter di atas permukaan laut (MDPL). Di sisi Timur gunung ungaran Kota Ungaran dan di sisi Selatan Kota Ambarawa. Gunung Ungaran juga menjaid tempat Wisata Pondoak Wisata Siomukti dan Pendakian.


Gunug Ungaran

Gunung Ungaran tidak memiliki catatan khusus mengenai aktivitas vulkanolog, tetapi memiliki sumber Air Panas di Kaki Gunungnya yanag mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokais Air Panas di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal.

Cerita Gunung Ungaran 
Di lereng Gunung Ungaran terdapat makam Dasamuka, dalam pewayangan Dasamuka dikenal oarang yang sangat jahat. Tokoh ini suka dengan minum - minuman keras.

Dasamuka di kubur pada kawah Gedong Songo oleh Hanuman, kemudain Kera (Hanuman) pergi ke Gunung Telomoyo melakukan Tapa dan mengawasi pergerakan Dasamuka. Barangkali bangkit dari tidurnya.

Masyrakat sekitar mempercayai bila ada oranag yang membawa minuman keras di kawasan Dasamuka akan bangkit. Warga pun tidak berani minum - minuman keras di kawasan gunung (di wilayah tersebut).

Nama gunung Ungaran tidak hanya satu melainkana seperti Karundungan (prasasti Kuti), Karurungan/Karungrangan (Tantu Panggelaran), Karungrungan (Perjalanan Bujangga Manik, Serat Aji Saka, Serat Kanda), Kroenroengan (Domis, 1825), dan Ngroengroengan (Bleeker 1850, Friederich 1870) ini diambil dari Prasasti yang di temuakan di wilayah gunug.

Camp di Base Camp Gunung Ungaran via Mawar Camp Ground
Di area Bascam via Mawar menyediakan penyewaan camp area seperti Tenda, Sleeping Bag (SB), Matras dan yang lainya.

Jam buka Gunung uangaran : 24 jam 
Harga Tiket Pendaki : Rp10.000 Ribu / orang
Parkir : Rp 5.000 Ribu / Motor
Mobil : Rp 10.000 Ribu / Mobil
Fasilitas Umum : Kamar Mandi dll
Toko : Warung makan dan Kopi
  • Harga sewa 120.000 Ribu  kapasitas 4 orang dapat : Tiket masuk, Tenda dan SB
  • Harag sewa 160 Ribu kapasitas 4 orang dapat : Tiket masuk, Tenda, Matras, dan SB.
  • Dan yang lainya
Camp Taman Bascame Gunung Ungaran

Menyediakan Pemandu ke Puncak Gunung ungaran dan Yang lainya (get)
Jika kalian pemula atau awalan alangkah baiknya menyewa Get yang sudah di sediakan di Gunung Ungaran. Untuk informasi harga get bisa hunungi kak Zull Lafin Kontak wa : wa.me/+6288238982427

Jalur Pendakian Gunung Ungaran
Terdapat 3 titik base camp pendakian di Gunung andong seperti

1. Base Camp Via Mawar Camp Ground
Pendakian base camp via mawar ini menjadi salah satu favorit menju ke Puncak Gung Ungaran dan satu kawasan dengan Pondoak Wisata Siomukti. Saat travel melakukan perjalan ke Base Campe Mawar kana dan kiri jalan terdapat taman dan wahana wisata dan papan petujuk menuju basecame pastinya memberi kemudahan sampai ke bascame tersebuat.

Perjalanan pendaki via Mawar memerlukan Tiga (3) jam sampai ke Puncak Banteng Raiders untuk pendaki pemula. Perjalanan dari Bascame sampai Pos 4 gunung ungaran masih hutan dan mulai Pos 4  sampai puncak jalan najak, di post bayangan satu (1), Dua (2) dan Tiga (3) bisa digunakan untuk Mendirikan Tendak (Cmap), Jika kalian ingin mendirikan tenda di post bayangan sebgaiknya di bayanagan 2 dan 3 areanya luas. Dari post bayangan 3 sampai puncak Banteng Raiders hanya 15 - 20 menit.

2. Base Camp Via Prantunan Bandungna
Menuju pucak dari Base Camp Via Prantunan Bandungna 2,5 jam sampai 3 jam untuk pemula, medan jalan bebatuan yang di tata landai, setelah itu njak menuju ke puncak.

3. Base Camp Via Candi Promasan (Kebun Teh)
Jalur ini dari kabupatan kendal.

4. Base Camp Via Gedong Songo (Sudah Tutup)
Medanya dari awal sampai puncak najak dan membutuhkan tenaga yang ekstra hingga finish puncak. Sebenarnya jalur ini bukan jalur Resmi. Satu wilayah dengan Bascame via Mawar.

Info Lain Pendaki Gunung Ungaran
Bila para pendaki gunung ungaran melewakti via Mawar dan via Promasan akan bertemu di titik perkebunan Teh. Jika melewati Gedong Songa jalurnya hanya digunakan untuk mencari kayu bakar.

Bagi pendaki yang ingin menikmati Sunrise yang keren dan Cantik, Sahabat Travel bisa mendirikan tenda di Pos Bayangan tiga (3) di area terdapat Camping Ground untuk menikmati Fajar.

Dari puncak Banteng Raiders menju Puncak Botak memerlukan waktu 30 menit dan jalurnya menurun ke hutan setelah itu menajak hampir seperti dari pos 4 sampai puncak.

Puncak Gunung Ungaran
Puncak Ungaarn terdapat dua puncak 

1. Puncak Banteng Raiders
Di puncak ini terdapat simbol TNI mulai bagunan gambar yang dibuat seperti Baret TNI, Gambar Banteng dan Tulisan Banteng Raiders. Di puncak juga bisa melihat puncak gunung Lawu, gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Selamaet, Gunung Telomoyo dan masih banyak lagi.

Puncak Banteng Raiders Gunung Ungaran

2. Puncak Botak Gunung Ungaran
Di puncak Botak Gunung Ungaran landai dan jalan setapak pemandanganya sangat keren bisa melihat gunung Lawu, gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Selamaet, Gunung Telomoyo dan masih banyak lagi.

Puncak Botak Gunung Ungaran

Gambar Aktivitas Lain di Gunung Ungaran

Gambar Tanjakan ke Pucak Gunung Ungaran

Gambar Makan Pagi Pos Bayangan 3 Gunung Ungaran

Itulah artikel tentang Gunung ungaran semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan tentang wisata ungaran, pendaki gunung ungaran, Terima kasih.

Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads