Gunung Andong Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Anangzd - Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, ketinggian 1726 di atas permukan atas laut (MDPL). Gunung Andong merupakan gunung yang melingkari Magelang, serta berdampingan dengan Gunung Telomoya berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.


Bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Andong, simak 12 hal berikut :
1. Ramah untuk pendaki pemula
Dengan ketinggian yang tak lebih dari 2k mdpl, Gn.Andong cocok bagi mereka yang baru pertama kali mendaki dan pendaki pemula, sebab jalur pendakian tergolong landai, walau tetap menyajikan jalur pendakian yang menguras tenaga.

2. Waktu tempuh
Hanya butuh waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam hingga puncak.Wisata Gunung Andong ini sangat cocok untuk seorang Traveler kerena ketinggian gunung tidak terlalu tinggi dan bisa di tempuh hanya 1,5 hingga 2 jam sampai Puncak Andong Peak 1726 MASL.


Jalur pendakian di Gunung Andong terdapat tiga (3) bascame Via Dusun Sawit, Via Pendem, Via Gogik. Setiap jalur mempunyai 2 jalur sidatan (alternatif) ada yang jauh dan dekat.


Dari tiga jalur di atas yang paling mudah untuk di lewati sampai puncak iyalah Via Sawit yang medanya tidak sulit sangat santai untuk pijkan kaki. Banyak anak - anak sekitar yang sering naik ke puncak melewati vis Sawit.


Untuk medan Via Pendem melipir jurang dan tanjakan keatas sangat cocok untuk tes fisik, kalau naiknya pagi, saing atau sore (14.00) hari pemandang Via Pendem ini sangat keren ketika melihat ke bawah. J
ika sudah sampai puncak akan di sambut Puncak Alap - Alap.

Di setiap bescame menyediakan peralatan daki untuk di sewa, sayangnya tidak terlalu banyak sering kehabisan banyak yang nyewa. 

Pada hari libur atau sabtu minngu pasti banyak yang muncak ke Gunung Andong jengkelnya ketika sampai puncak tenda banyak yang sudah berdiri akhirnya tidak bisa mendirikan tenda ya mau gak mau harus nebeng tenda orang atau nongkrong warung makan.

Di gunung Andong terdapat Dua (2) Warung makan di Puncak Peak dan Dekat Makam dekat jalur puncak via sawit. Gunung Andong juga menyediakn toilet di dekat Makam.

Jam Buka Gunung Andong
Jam buka Pendakian Gunung Andong 24 jam, jadi kalian bisa datang sewaktu - waktu.

Tiket Gunung Andong
Tiket Retribusi muncak ke Gunung Adong Rp 20.000 ribu dan Parkir Rp 5.000, dengan membayar Rp 25.000 kalian bisa melalui jalur via Pendem, Sawit, Gogik. Bila kalin hanya berwisata hanya bayar Rp 5.000 hanya terkena biaya Parkir Motor.

Asal Mula Nama Gunung Andong
Nama Gunung Andong di ambil dari nama Daun yang di sebut "Daun Andong". Andong dalam kepercayaan di Jawa sebgai persyaratan daun Ritual, kususunya dalam Selamatan. Nama Daun Andong bermakna "Andongoo" yang artinya Berdoa, Berdoa kepada Tuhan.

Pendaki ada yang mengatakan Gunung Andong ini seperti Punggung, jika di lihat dari samping seperti Punggung Sapi yang sering di sebut "Andong".

Lokasi Gunung Andong
Gunung Andong masuk di wilayah Kabupaten Magelang - Jawa Tengah, Indonesia, lebih dekat di akses melalui Salatiga via Kopeng.

Gunung Andong Memiliki 4 Puncak
Bentuk Gunung Andong memanjang dari Barat ke Timur, memiliki Empat (4) titik puncak 
Puncak Sebelah barat
1. Puncak Makam
2. Puncak Jiwa

PuncakSebelah Timur 
1. Puncak Andong
2. Puncak Alap - Alap

Peta Gunung Andong

Itulah informasi tentang Gunung Andong, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian. Dan kalian bisa mnikmati susana di Bascame dan Puncak Gunung Andong.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama