Gunden Balak Cawas Klaten

Anangzd.com - Lokasi Dukuh Gunden, Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten 57463, Jawa Tengah adalah salah satu dukuh yang berada di klaten.

Dukuh gunden desa balak di perkiraan paling timur posis di tengah - tenagh dari kecamatan cawas, timur desa balak sudah perbatasan kabupaten sukoharjo.
Gunden terdapat seni budaya, kagamaan dan wisata. 


Kuda Lumping
Budaya seni yang sering di gelar jaran kepang (kuda lumping) ini dimainkan oleh warga gunden dengan menunggangi jaran yang di buat dari bambu atau bahan lainya yang di anyam menyerupai kuda, dan gaya pemain menirukan gerakan jaran yang sedang di tunggangi dan di iringi music. Tak hanya itu saja pada pagelaran juga ada pemain lain seperti buto dan yang lain untuk melengkapi.


Dengan adanya buto pada pada pagelaran terkadang bikin takut anak - anak (nagis) karena tampilanya waktu dipandang menakutkan.

Yang bikin seru dalam jaranan ini salah satu atau beberapa pemain kerasukan menirukan tarian gaya jaran dengan ganas dan lucu tanpa terkendali, hal ini memang sudah disengaja agar terasa tradisonal dan sudah ada pawangnya dalam merasuki pemain jarannya.

Sholawat Hadroh
Budaya keagaman dengan syair (nyanyian) solawat yang di pimpin salah satu dan di nyanyikan bersamaan. Rebana alat untuk mengiringi (music) solawat yang berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. 

Pemain sholawat hadroh muai kalangan bapak - bapak , ibu - ibu, muda - mudi, adik - adik serta kalangan yang lain. Pagelaran sholawat hadroh di laksanakan pada waktu hari biasa, hari nasional, tangapan Aqiqah serta yang lainya. 

Wisata Jembatan Pelangi


Jembatan yang berada di Gunden diberi nama Jembatan Pelangi, asal usul nama tersebut karena jembatan berbentuk pelangi (melengkung setengah lingkaran) berwarna warni. Bahan yang digunakan jembatan ini dari besi, kayu dan bahan bagunan yang di satukan. 

Jembatan ini seperti bendungan yang bertujuan untuk mengairi sawah dan yang lainya di sekitarnya. Bendungan ini bisa menahan (menampung) air yang mengalir.

Jembatan Pelangi ini awalnya menjadi jalan alternatif ke desa sebelah (dol kali), setalah itu para muda mudi, bayan, warga gunde, kepala desa balak ingin menjadikan wisata air yang berada di Gunden.

Dengan adanya semangat masyrakat gunden dan dukungan dari balai desa akhirnya wisata air jembatan pelangi ini bisa terwujud dan bisa menjadi tempat wisata bermain air, tempat foto di jembatan yang berbentuk pelangi dengan berbagai chat warna.

Kalian bisa mengujungi sendiri bersama temen temen dan keluarga, jangan kawatir kalau kalian megujugi terasa lapar di jembatan pelangi sudah ada penjual makanan seperti soto, angkringan, es kelapa muda, sate kere, bakso bakar dan masih banyak lagi.di wisata yang lainya, tinggal duduk pesan makan sampai puas.

Kalin bisa berlamaan seharian di jemabtan pelangi cocok untuk santai dengan suasana yang teduh di sambut angin sepoi - sepoi pepohonan yang rindang serta sejuknya air.

Taman Pelangi
Sebagi tambahan background di jembatan pelangi lokasi tersebut berada di bawah jembatan sebelah utara yang bisa kalian gunakan berfoto bersama. Di taman pelangi sudah di hias dan ada bunga - bunga yang cantik agar hasil foto kalian memusakan.

Acara dan Aktivitas

Pringatan HUT Ke-75 di atas air di Jembatan Pelangi
17 Agustus 2020 yang lalau warga masyrakat gunden dan balak, anak - anak SD Balak, SMP 3 Cawas dan SMA melaksanakan upacara bendara peringatan kemerdekaan HUT ke-75 pada tanggal 17 agustus di atas air, dengan alat bantu getek terbuat dari bambu yang di satukan. Alhamdulillah acar tersebut berjalan lacara dan suksess.

Gerebek Seni Budaya Dan Lurik Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 
Pada hari Sumpah Pemuda warga gunden mengelar Gerebek Seni Budaya Dan Lurik berlokasi di area jembatan pelangi yang di hadiri 
- PJS Bupati Klaten Dr.A.P.Ir.Sujarwanto Dwiatmo- ko.,Msi. 
- Ketua Sekolah Sungai Klt Drs. Jaka Sawaldi 
- Anggota DPRD Klaten H. Edi Sasongko.,SH 
- Muspika kecamatan Cawas.
-  Kades Se Kec. Cawas
- Warga masyarakat desa Balak Cawas.

Acara tersebut mengenai penyelenggara sekolah sungai peduli pelangi desa Balak Cawas Klaten ( pembersihan sampah, penebangan pohon kerasdi sedimen tanggul sungai, pemanfaatan lahan utk penanaman sayur – sayuran, UKM Lurik yg ada pasif krn covid dan beralih ke kuliner ). 

Nah, sekrang kalian sudah tau informasi yang berada di  duku gunden, balak, cawas, klaten ini. Bila kalian ada waktu bisa berwisata di Jembatan pelangi cawas.
Bagikan:

Post a Comment

Top Ads

Bottom Ads