Belajar Install Windows di Komputer atau Leptop | Panduan Lengkap

<Hello word>  Jangan bingung dengan cara dan ilmu karena hal itu sangat awam buat diri ketika baru belajar dari dasar (Pemula) <Hello Word/>

Seperti saya dulu seperti orang yang tak tau bagai mana itu, tapi aku tau tentang hal itu, mulai dari ketertarikan dan itu unik untuk pribadi serta luar bisa saat diri mencapi tahapan itu.

Saya sudah belajar dari kelas 2 SMK, sekarang sudah bekerja 4 tahuan lamnya jadi kalau di total berapa tahun belajar sampai tau ilmunya 6 tahun lama juga ya. Ya meski gagal sangat sering sekali, akhirnya pun merasa bosan ya sudah lupakan dan lakukan hal untuk menghibur diri. Bila sudah sembuh kembali lagi ya.
Intinya menjadi orang sukses itu tidak sekejap tapi ada tahapan - tahapan yang ada pada diri, hanya tangan dan logika yang akan mewujudkan itu semua.

Panduan Lengkap Belajar Install Windows atau sistem operasi di Komputer atau Leptop, sebelum kalian terjun ke lapangan pastinya di haruskan mempersiapkan alat atau bahan yang berugas untuk menyelsaikan pekerjaan itu, Apa saja yang harus di persiapkan melakukan install / install ualang pada komputer sebagai berikut 
  1. Masuk BIOS / Boot
  2. Aplikasi Rufus
  3. Sistem Operasi (Windows, Linux, Macitos, Uuntu, Min dll)
  4. Driver 
  5. Aplikasi tambahan (Audio, Internet, Multimedia, Dokumen dll)

Penjelasan 
  1. Masuk BIOS / Boot 
    Fungsinya untuk Mengaktifkan / On UEFI dan Legacy agar sistem operasi bisa melakukan isntall ualang. Bila tidak maka install ualang akan gagal maka akan di kembali ke layar utama. Kalau pengalaman mualia prossesor Gen 5 keatas sudah suport UEFI dan Legacy saat kalian melakukan pemabkaran di settingan UEFI dan Legacy peosses installa akan berhasil.
    Untuk settinganya biasanya di menu buut dan cari menu atau tulisan UEFI dan Legacy ubah menjadi salah satu itu lalu lakukan save lalau restart.

    Untuk masuk BIOS biasanya kalau di leptop F2, FN+F2, F9, FN+F9, F10, FN+F10, F11, FN+F11, F12, FN+F12 kalau komputer bisanya F2 dan yang lainya.

    Ingat : Untuk komputer setiap mainboard cara masuk BIOS nya dan BOOT nya berbeda kalian harus mencari informasi di google dengan cara Ketik merek mainboard dan typenya kalau leptop juga sama ya merek dan tipenya.

  2. Aplikasi Rufus 
    Fungsinya untuk pembakaran sistem operasi ke Flashdisk, jadi nanti kita installnya hanya menggunakan flashdisk yang sudah di bakar sistem operasi di dalamnya. Ingat sebelum kalian membakarnya kalian harus melihat bootnya suportnya UEFI dan Legacy, bila kalian salah bakar maka prosess install tidak akan berhasil. Cara Membuat Bootable USB Drive Windowes Dan Linux
    Untuk settinganya biasanya di menu buut dan cari menu atau tulisan UEFI dan Legacy ubah menjadi salah satu itu lalu lakukan save
  3. Sistem Operasi
    Fungsinya agar komputer bisa melakukan pekerjaan dengan di bantu manusia atau yang lainya.
  4. Driver
    Fungsinya untuk mengaktifkan komponen hardwere yang terpasang pada komputer, ini biasanya berbentuk softwere / aplikasi. 
    Contoh setelah kita install uang pada kompter kita tidak bisa menggunakan internet yang harus kita lakukan install softwere LAN agar internet bisa berfungsi.
  5. Aplikasi Tambahan
    Fungsinya untuk melakukan / menyelsaikan tugas dokumen / program pada aplikasi tersebut
    Contoh kita menyelsaikan pekerjaan dokumen, yang kita lakukan harus menginstall Microsoft Office
5 Persiapan sudah siap kita tinggal melakuakn prosses install pada komputer / leptop, yuk simak panduanya
  1. Masuk BIOS F2 / yang lainya lalau pilih menu BOOT ubah settingan yang suport untuk installasi sistem operasi lalu save, dan restart.
  2. Ada tulisan perintahnya bahasa inggris yang intinya untuk melakukan isntall ulang klik salah satu tombol pada keyboard, ketia sudah di klik maka akan masuk ke tahap install.
  3. Selanjutnya selsaikan pemilihan, bahasa keyboard, Waktu negara windows, Pemilihan BIT windows yang di install, Persetujuan centang, pemartisian, prosses isntall dan selesai.

Kesimpulan
Bila kalian memahami artikel di atas maka kalian akan berhasil melakukan isntall sisitem operasi pada komputer atau leptop kalian dengan sempurna. Intinya pahami kaliannya pelana - pelan.

Bila kalian masih binggung silahkan komentar di bawah nanti saya akan membuatkan panduanya serta memandu.

0 Comments:

Post a Comment