Linux Solo Raya

Linux Solo Raya adalah sebuah kumpulan para penggua Linux pemula dan lanjuta. Dengan adanya perkumpulan ini sangat membatu sekali dalam belajar Linux atau pun distro Linux. 

Prinsip Linux Solo Raya : Pemula, Ingintau, Dimengeri.
  • Pemula : Mulai mengenali.
  • Ingintau : Berkenalan / mengenailnya.
  • Dimengerti : Bila sudah tau harus ngerti dan bisa bercerita.

Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.

FILOSOFI OPEN SOURCE
“The basic idea behind open source is very simple : When programmers can read, redistribute, and modify the source code for a piece of software, the software evolves. People improve it, people adapt it, people fix bugs. And this can happen at a speed that, if one is used to the slow pace of conventional software development, seems atonishing. We in the open source community have learned that this rapid evolutionary process produces better software than the traditional closed model”

Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programer dapat membaca, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang memperbaiki bug. Dan ini akan menyebabkan terjadi pada percepatan pengembangan perangkat lunak, jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak konvensional, tampaknya tidak masuk akal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa proses evolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik daripada model tertutup tradisional

FREE SOFTWARE
Free sofware adalah sebuah bentuk kebebasan, mengacu ke pengguna untuk memakai, mengkopi, mendistribusikan, mempelajari, merubah maupun meningkatkan software tersebut.

Secara detail arti kebebasan itu dijabarkan dalam 4 hal, yakni:
1. bebas menjalankan program (freedom 0)
2. bebas mempelajari program dan mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan (freedom 1)
3. bebas mendistribusikan ulang (freedom 2)
4. bebas meningkatkan program dan mempublikasikannya (freedom 3)

Linux memiliki banyak Varian atau yang biasa dikenal dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), hal ini disebabkan oleh konsep pengembangan Open Source dan lisensi yang digunakan GNU/GPL.
1. Debian
2. Redhat
3. Slackware
Logo

Dari ketiga Distro Linux diatas, kemudian linux berkembang menjadi banyak turunan, banyak ragam, yang dikembangkan oleh banyak orang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan selera orang-orang disemua negara. Seperti Indonesia, Indonesia sudah konsisten untuk mengembangkan Distro Linux dengan nama Blankon, IGOS Nusantara, Garuda, Kuliax dan masih banyak lagi yang telah terdaftar maupun tidak terdaftar.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post