Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Wireless Tanpa Bantuan Software

Cara Membuat Wireless Tanpa Bantuan Software
  1. Perlu diperhatikan cara ini hanya bisa dilakukan jika kalian menggunakan operating sistem windows
  2. Langkah pertama kalian siapkan perangkat komputer atau laptop yang sudah memiliki fitur wireless
  3. Selanjutnya siapkan juga koneksi internet serta perangkat lainnya yang bisa terhubung ke jaringan wireless
  4. Lakukan pengecekan terlebih dahulu apakah wireless yang kalian gunakan support untuk membuat VAP (Virtual Access Point) atau tidak, dengan cara buka cmd dan ketikan perintah netsh wlan show drivers kemudian enter
  5. Setelah itu, kalian akan melihat keterangan seperti pada gambar dibawah ini, jika Hosted Network Supported memebrikan keterangan Yes, maka laptop atau perangkat komputer kalian bisa digunakan untuk membuat VAP.
  6. Sebagai langkah alternatif, jika perangkat komputer kalian tidak menunjukkan hasil seperti gambar diatas, silahkan kalian ketikkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow  pada cmd, kemudian lakukan pengecekan lagi.
  7. Namun jika perangkat komputer kalian tetap tidak bisa menampilkan hasil tersebut, maka sudah dipastikan laptop atau perangkat komputer kalian tidak support untuk membuat VAP.
  8. Lanjut pada langkah Setting SSid dan password, silahkan kalian ketikan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=komputerdia key=bakulnasi 
  9. Tulisan komputerdia silahkan kalian ganti dengan nama ssid yang kalian inginkan
  10. Tulisan bakulnasi silahkan kalian ganti dengan password atau kata sandi yang kalian inginkan
  11. Langkah selanjutnya, silahkan aktifkan wireless, dengan cara ketikan perintah netsh wlan start hostednetwork 
  12. Setelah itu kalian cek pada perangkat lain yang mempunyai fitur wireless, maka akan muncul sebuah Wireless baru dengan nama komputerdia.
  13. Sampai tahap ini Wireless sudah jadi dan digunakan, namun untuk orang lain belum bisa Connect.
  14. Untuk mengatasinya, silahkan kalian share internet ke Wireless, maka dengan demikian perangkat lain langsung bisa mendapatkan IP address dan bisa berinternetan. 
  15. Kalian pergi ke menu network pada komputer, setelah masuk pada menu tersebut kalian akan melihat dua jaringan seperti dibawah ini
  16. Selanjutnya silahkan klik kanan pada jaringan Local Area Connection 2, kemudian lalu klik properties → pilih tab Sharing → Centang kedua kotak → Pilih nama koneksi wireless kalian, dan klik OK.
  17. Sampai disini VAP kalain sudah bisa digunakan dengan baik
  18. Untuk menghentikan jaringan VAP tersebut, silahkan kalian masuk ke cmd kemudian ketikkan perintah netsh wlan stop hostednetwork dan tekan enter
  19. Selesai dan semoga bermanfaat untu kalian semuanya

Post a Comment for "Cara Membuat Wireless Tanpa Bantuan Software"