Memasang Kabel Front Panel di Motherboard

Saat waktu membongkar PC / merakit PC pastinya kalian memasng Kabel Front. Kabel Front iyalah kebel vital pada PC, tugas Kabel Front iyalah, Nyalanya lampu Hardisk, Nyala indikator Power, Mematikan PC melalui tombol, dan Riset PC melalui tombol.
Dengan kita memasang Kabel Front kita bisa Menghidupkan dan Riset pada komputer. Bila Kabel Front tidak dipasang pastinya komputer kita tidak akan bisa nyala. maka dari itu ketika kita merakit PC / komputer Kabel Front wajib dipasang. 

Kabel front panel ini terdiri dari 4 pasang kabel, antara lain :
  1. HDD LED untuk lampu LED Harddisk
  2. Power LED untuk lampu LED Power
  3. Reset SW untuk tombol Reset
  4. Power SW untuk tombol power 
Petunjuk pemasangan Kabel Front sudah ada pada petunjuk ketika kita membeli Motherboard yang baru, bila kalian membeli yang bekas mungkin buku panduanya tidak ada. Namun pemasangan Kabel Front pada motherborad hapir sama dengan yang lain.

Namun bila kalian masih ragu silahkan kalian cari refrensi di googel karena banyak sekali refrensi cara pemasangan Kabel Front. Bila kalian ragu dalam pemasanganya yang harus kalian lakukan iyalah membaca beberapa panduan terlebih dahulu dan jangan lupa Motherboard apa yang akan kalian pasang ketika serching kasih nama motherboardnya wajib hal itu agar kita tidak salah dalam pemasanganya. 

Pada Kabel Front terdapat 10 pin ( besi ). Lima pin berada diatas semua bernomer genap, urutan pemasangan dari kiri ke kanan bernomer 2-4-6-8-10. Sedangkan pin yang ada di bawah semua bernomer ganjil, urutannya masih sama dari kiri ke kanan bernomer 1-3-5-7-9. 

Untuk mengetahui susunan pemasangan kabel front panel lihat di bawah ini :
  1. 1-3 untuk kabel HDD LED
  2. 2-4 untuk kabel POWER LED
  3. 5-7 untuk kabel RESET SW
  4. 6-8 untuk kabel POWER SW
  5. Sedangkan untuk pin 9 di kosongi

Pin yang akan di hubungkan dengan kabel positif adalah pin 1,2,6,7, sedangkan kabel negatif di hubungkan ke pin nomer 3,4,5,8. Yang berbeda hanyalah pin nomer 5,7 yang berbanding terbalik dengan lainnya, pin lainnya dari positif-negatif sedangkan nomer 5,7 dari negatif-positif. Untuk lebih mudah menghafalkannya gunakanlah susunan seperti ini 1-3=positif-negatif, 2-4=positif negatif, 5-7 negatif-positif dan 6-8=positif-negatif.

Saat menentukan kabel Positif atau Negatif kita tinggal melihat warna kabelnya saja. Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatif. Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam maka biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.

0 Comments:

Post a Comment