Level MikroTik

Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis jika anda ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Demo Mikrotik dapat digunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 adalah level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap.
  1. Berikut Adalah Jenis Level Lisensi Dalam Mikrotik: 
  • Level 0 (gratis): tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan
  • Level 1 (demo): pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya. 
  • Level 3: sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien. 
  • Level 4: sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin. 
  • Level 5: mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak. 
  • Level 6: mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun. 
Pada MikroTik RouterOS, Lisensi dapat dilihat pada menu License 
Klik System > License  
Level Lisensi MikroTik dapat dilihat pada table berikut:  
Misal untuk lisensi FREE, dapat didownload langsung dari website resminya namun mikrotik hanya bisa digunakan selama 24 jam, setelah itu fitur-fiturnya tidak dapat digunakan lagi. Apabila ingin memperpanjang maka harus upgrade ke versi diatasnya. Sedangkan untuk lisensi DEMO hanya dapat diakses melalui website demo.mt.lv.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama