Hikmah diturunkan Al Quraan secara berangsur angsur

Al Auraan diturnkan secara berangsur angsur dalam 22 tahun 2 bulan 22 hari. Hikmah Al Quraan diturunkan secara berangsur angsur iyalah :
  1. Agar mudah dimengerti dan dilaksanakan. Orang akan engan melaksanakan suruhan, dan laranganya sekiranya suruhaan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak. Hal ini disebutkan oleh Bukhari dari riwayat  ‘ Aisayh  r.a.
  2. Di antara ayat ayat itu ada yang nasikh dan ada yang masuk, sesuai dengan kemasalahatan. Ini tidak dapat di lakukan sekiranya Al Quraan diturunkan sekaligus. ( Ini menurut pendapat yang mengatakan adanya nasikh dan mansukh).
  3. Turunya suatu ayat sesuai dengan pristiwa pristiwa yang terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh di hati.
  4.  Memudahkan penghafalan. Orang orang yang musrik yang telah menanyakan mengapa Al Quraan tidak di turunkan sekaligus, sebagaimana tersebut dalam Al Quraan surat ( 25 ) Al Furqaan ayat 32, yaitu :
“ Merupakan Al Quraan tidak di turunkan kepadanya sekligus
“ Kemudian dijawab di dalam ayat itu sendiri :
“ Demikianlah, dengan ( cara ) bigitu kami hendak menetapkan hatimu “

      5. Di antara ayat ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan atau penolakan suaatu  pendapat atau perbuatan, sebagai dikatan oleh Ibnu ‘Abas r.a. Hal ini tidak dapat terlaksanakan kalau Al Quraan diturnkan sekaligus.



Copyright :
  1. Prof. T.M. Hasbi Ashshiddiq.
  2. Prof. H. Bustami A. Gani
  3. Prof. H. Muchtar Jahya.
  4. Prof. H.M. Toha Jahya Omar.
  5. Dr. H.A Mukti Ali.
  6. Drs. Kamal Muchtar.
  7. H. Gazali Thaib.
  8. K.HA. Musaddad.
  9. K.H. Ali Maksum.
  10. Drs. Busjairi Madjidi


Bila artikel yang saya ketik ini kurang atau ada hal lain mohon untuk memberi masukan di komentar agar saya akan memperbaikinya.



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama